Rabu, 13 Juni 2012

Lambang, Bendera, Kode Etik IPB

Berikut Lambang, bendera, dan Kode Etik Institut Pertanian Bogor.

Lambang IPB

Logo IPB
Lambang Institut Pertanian Bogor mencerminkan pertumbuhan Institut Pertanian Bogor sebagai suatu lembaga pendidikan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi dan akan selalu maju, tumbuh terus dan mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan Pancasila. Lambang IPB terdiri atas tulisan INSTITUT PERTANIAN BOGOR, pohon berdaun lima helai dan buku terbuka di bawahnya, dibatasi lingkaran yang kesemuanya berwarna putih dengan dasar berwarna biru.

Warna dasar biru melambangkan bahwa IPB termasuk kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi; Gambar buku terbuka menggambarkan IPB sebagai sumber ilmu pengetahuan. Bentuk bundar menggambarkan bahwa ilmu tersebut tidak ada batasnya, selalu berkembang dan bertambah. Cabang tiga yang timbul dari buku melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi. Kelima ujung helai daun melambangkan lima Fakultas pertama pada waktu IPB berdiri dan bahwa Tridarma itu dilaksanakan berdasarkan Pancasila.

Bendera IPB


Bendera IPB berwarna kuning dengan lambang IPB berwarna dasar biru di tengah.

Bendera Fakultas Pertanian berwarna hijau, Fakultas Kedokteran Hewan berwarna ungu, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan berwarna biru, Fakultas Peternakan berwarna coklat, Fakultas Kehutanan berwarna abu-abu, Fakultas Teknologi Pertanian berwarna merah, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwarna putih, dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen berwarna orange, Ekologi Manusia berwarna hijau toska, seluruh bendera memiliki lambang IPB berwarna putih di tengah, kecuali Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan lambang IPB berwarna biru di tengah.

Kode Etik
Kode Etik adalah aturan tata susila yang berlaku bagi seluruh warga IPB dan mengharuskan setiap warga IPB untuk berprilaku sebagai berikut:
  • Jujur dalam melaksanakan tugas dan kegiatan, baik sebagai dosen, mahasiswa maupun sebagai tenaga penunjang akademik dan tenaga administrasi
  • Sopan dalam berpakaian, bertingkah laku dan bertutur kata
  • Berdisiplin dalam melaksanakan tugas-tugas IPB
  • Patuh terhadap segala ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik di dalam maupun di luar kampus
  • Menjaga nama baik dan integritas IPB
    Sumber: http://ipb.ac.id, diakses sesuai tanggal posting 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan jalinan persaudaraan. Terima kasih.