Kamis, 21 Juni 2012

Profil dan Tugas P4TK IPA

PPPPTK IPA (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam).

Profil
Dalam usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari unsur sains, matematika, dan teknologi. Oleh karena itu sains dan matematika sebagai ilmu-ilmu dasar, perlu dikuasai oleh setiap bangsa agar teknologinya maju dan berkembang.

Indonesia sebagai negara berkembang harus menguasai dan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, khususnya sains, matematika dan teknologi agar dapat mengimbangi arus globalisasi sehingga dapat berdiri sejajar dengan negara-negara lain dal;am perkembangan Iptek. Karena itu PPPPTK IPA sebagai lembaga yang ditugasi untuk mengembangkan sains melalui berbagai kegiatan diklat, pengkajian, penelitian, dan pengembangan bahan ajar terus berusaha meningkatkan kualitas SDM bagi tenaga teknis dan tenaga fungsional. Peningkatan kualitas SDM dilaksanakan melalui pendidikan formal baik di dalam maupun di luar negeri yaitu untuk pendidikan S1,S2,S3 dan pendidikan nonformal lainnya melalui short course di dalam dan luar negeri.

Peningkatan sarana dan prasarana pun perlu dilakukan untuk menunjang pengembangan pengetahuan dan teknologi. Pesatnya kemajuan teknologi informasi ditandai dengan derasnya arus informasi menuntut PPPPTK IPA untuk bekerja serba cepat, tepat dan akurat. Oleh karena itu, PPPPTK IPA berupaya untuk mengembangkan infrastruktur ICT sebagai upaya untuk mengembangkan infrastruktur ICT sebagai upaya untuk mengimbagi dan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin maju.
Agar program pengembangan tersebut berkesinambungan perlu adanya dukungan dana yang memadai. Mengingat dana yang disediakan untuk PPPPTK IPA melalui APBN sangat terbatas, kami mengharapkan bantuan pengembangan infrastruktur ICT dari Direktorat Pembinaan SMK.

Lokasi
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN IPA terletak di Jl. Diponegoro No 12 Bandung 40115, Jawa Barat - Indonesia dengan luas tanah 11.500 m2.

Nilai-Nilai
Profesional, Kebersamaan, Akuntabel, Empati, Produktif, Inovatif, Demokratis, Belajar Sepanjang Hayat dan Kredibel. 

Tugas Pokok
Berdasarkan SK Mendikbud No. 0529/0/1990, PPPG mempunyai tugas melaksanakan penataran dan pengembangan teknis pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi kerja guru dalam kaitannya dengan usaha peningkatan mutu pendidikan.

Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut di atas PPPG berfungsi;
1. merencanakan program pengembangan penataran guru;
2. melaksanakan teknis pendidikan untuk meningkatkan mutu kompetensi guru;
3. melaksanakan pengembangan penataran guru;
4. melaksanakan peningkatan cara penyajian dan materi penataran;
5. melaksanakan pengendalian dan evaluasi penataran guru;
6. melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga PPPPTK IPA.

Program-program Pokok
1. Pengembangan Sistem Pendidikan dan Pelatihan berjenjang dan berkelanjutan;
2. Pengembangan program Pendidikan Lingkungan Hidup;
3. Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan
4. Pengembangan mutu dan kompetensi SDM (staf PPPPTK IPA dan guru-guru sains)
5. Pengembangan PPPPTK IPA menjadi pusat penjamin mutu pendidikan sains


Sumber: Diakses dari http://www.p4tkipa.org, sesuai tanggal posting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan jalinan persaudaraan. Terima kasih.